Diberdayakan oleh Blogger.

  • Rohis Indonesia. Cita Rasa Kebaikan Pelajar (Cakep) Indonesia.

  • Rohis SMA N 11 Palembang berralamat di Jl. Inspekur Marzuki Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang-Sumatera Selatan
Base Camp: Musholah Riadul Jannah

Total Tayangan Halaman

6 Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Mengembangkan Hobi

Minggu, 08 Mei 2016

Sudah bukan saatnya lagi kita melakukan hobi hanya untuk diri sendiri. Enggak ada salahnya, lho, untuk mempublikasikan hobi kita. Siapa tahu setelah itu kita bisa menjadikan hobi ini sebagai profesi. Salah satu cara mempublikasikan hobi adalah lewat media sosial. Yuk pelajari 6 cara memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan hobi berikut.

menurutcaraku.blogspot.com


Pilih Medsos Yang Pas
Setiap media sosial tentunya memiliki karakteristik sendiri. Kita harus bisa melihat karakteristik tersebut dan melihat mana yang cocok untuk digunakan dalam hal mempublikasikan hobi kita. Jika memungkinkan, kita bisa mengombinasika dua atau beberapa sosial media sekaligus. Misalnya, yang hobi nyanyi bisa memanfaatkan Instagram, YouTube, atau Vine. Yang suka menulis cerpen bisa menggunakan Facebook, Twitter, Instagram, atau Steller. Yang suka prakarya bisa memanfaatkan Facebook atau Instagram.

Ikut Komunitas
Ada banyak komunitas hobi berada di media sosial. Kita bisa bergabung dengan komunitas ini sehingga bertemu dengan orang-orang yang punya hobi sama dengan kita, lalu saling bertukar pikiran. Kita juga bisa memamerkan karya kita di komunitas ini.

Ikut Event
Entah itu event online atau offline, kita bisa memanfaatkan momen ini untuk memamerkan hobi kita ke hadapan publik. Misalnya event menulis bareng yang diadakan oleh penerbit atau komunitas di twitter di waktu-waktu tertentu bisa kita gunakan untuk tempat berlatih menulis. Event photo exhibition di Instagram misalnya, bisa jadi tempat kita menunjukkan hasil foto.

Rajin Update
Buat waktu khusus untuk update, misalnya setiap dua hari sekali di jam tertentu. Dengan jadwal yang teratur, followers kita sudah tahu kapan aja kita akan update. Pilih jam-jam di saat orang-orang banyak menggunakan sosial media, yaitu sore hingga malam. Sehingga kemungkinan karya kita dilirik orang akan jadi lebih besar.

Konsisten
Mungkin hobi kita enggak sesuai dengan tren yang berlaku saat ini. Enggak perlu khawatir dengan anggapan kalau hobi kita sudah ketinggalan zaman. Seharusnya kita tetap melakukan hobi dan eggak berhenti hanya karena tren yang sudah berubah. Jika kita konsisten dengan hobi yang dijalani, kita akan semakin ahli dalam menjalaninya dan lama kelamaan nama kita pun bisa naik. Dan, dengan menjalani hobi yang berbeda, siapa tahu kita jadi lebih menonjol, he-he.

Follow Akun Dengan Interest Sama
Dengan begitu, akun kita bisa muncul jika orang mencari tentang suatu hobi. Bisa juga saling barter promosi, misalnya like for like atau follow for follow dengan akun lain yang sesuai dengan hobi kita.

Sumber: klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Blogger templates