Diberdayakan oleh Blogger.

  • Rohis Indonesia. Cita Rasa Kebaikan Pelajar (Cakep) Indonesia.

  • Rohis SMA N 11 Palembang berralamat di Jl. Inspekur Marzuki Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang-Sumatera Selatan
Base Camp: Musholah Riadul Jannah

Total Tayangan Halaman

14 Ide Bisnis yang Cocok untuk Anak SMA

Senin, 09 Februari 2015

Ide bisnis yang cocok untuk anak SMA adalah bisnis yang bertujuan untuk membentuk mental atau memupuk jiwa bisnis bagi anak SMA. Sebagai pelajar khususnya dalam jenjang Sekolah Menengah Atas kita diwajibkan untuk belajar. Namun jika kita ingin benar-benar mempersiapkan masa depan dengan baik tentunya belajar yang akan kita lakoni tidak hanya belajar dengan duduk di atas meja kursi bukan?
Mempersiapkan masa depan dengan belajar memang penting. Karena itulah adalah syarat untuk melanjutkan ke jenjang universitas atau perguruan tinggi. Namun, mempersiapkan mental sebagai anak muda yang memiliki mental bisnis juga sama pentingnya dengan belajar giat di sekolahan.
Bagi kamu seorang siswa SMA yang masih duduk di kelas X, XI, atau XII inilah saatnya kamu mengurangi waktu mainmu atau mengisi waktu sengganggmu dengan berbisnis kecil-kecilan. Belajar memang bekal masa depan, berbisnis juga bekal yang sama pentingnya untuk masa depan. Berbisnis selagi masih muda akan memupuk jiwa bisnis dan mental pebisnis sehingga suatu saat jika sudah di bangku perkuliahan atau bahkan sudah lulus SMA kamu akan dengan mudah membangun sebuah bisnis yang benar-benar untuk kamu kembangkan menjadi besar.


Berikut ini 14 ide bisnis yang cocok untuk anak SMA :
    1. Penulis
      Kegiatan menulis dan membaca sudah pasti dilakukan anak SMA dalah kesehariannya. Mengapa tidak menggeluti kegiatan menulis? Jika kamu hobi menulis dan ingin mengembangkan bakat menulismu kamu bisa mencoba menjadi seorang penulis anak SMA. Kamu bisa menulis novel fiksi, novel cinta, atau buku ilmu pengetahuan. Lalu tawarkan ke penerbit. Banyak sekali buku-buku novel yang ditulis oleh anak SMA. Jika kamu benar-benar serius dalam menulis, suatu saat nanti setelah berkuliah kamu bisa mengembangkan ide bisnis tersebut.
    2. Kue
      Jualan kue kering atau kue basah merupakan ide bisnis kecil-kecilan untuk membangun mental bisnis bagi anak SMA. Memang sih untungnya tidak seberapa, tapi yang terpenting di sini adalah mental bisnis kamu akan dibangun. Kamu tidak harus malu dengan teman-teman ya karena itulah caranya membangun mental. Mintalah mamamu untuk membuatkan kue kering atau kue basah lalu kamu jual di sekolah dengan cara titipkan di kantin dan sebagian kamu bawa ke kelas atau titipkan ke kantor ekstrakulikuler siswa.
    3. Foto copy
      Anak SMA identik dengan mengerjakan PR. Bisnis foto copy adalah ide bisnis sampingan yang bagus buat anak SMA. Jika ayahmu menjalani bisnis foto copy dekat sekolahmu kamu bisa belajar darinya. Atau jika tidak, solusi lain kamu bisa bekerja part time di tempat usaha foto copy orang lain. Yang terpenting kamu dapat pengalaman menjalani bisnis foto copy dan mental bisnismu juga dipupuk di sini.
    4. Jual barang bekas
      Saat ini toko online penyedia jasa menjualkan barang sedang booming-boomingnya. Kamu bisa mencoba menjual barang-barang yang tak terpakai di rumahmu secara online. Contoh website: OLX, Berniaga, dll. Bisnis seperti ini lumayan menguntungkan. Tapi yang terpenting kamu punya pengalaman bisnis.
    5. Kaos kelas
      Menjadi pebisnis dalam tender kaos kelas lumayan menguntungkan. Kamu bisa menawarkan jasa jahit dan sablon untuk kaos kelas atau seragam kelas. Biasanya dalam setiap kelas memiliki kaos olahraga sendiri-sendiri atau kaos identitas kelas, atau kaos komunitas. Nah, sudah banyak sekali marketnya kamu tinggal menawarkan jasamu.
    6. Pulsa
      Jualan pulsa di lingkungan sekolah sudah bukan hal baru lagi. Namun yang terpenting dalam hal ini adalah pengalaman dalam berbisnis. Meskipun jualanmu (mungkin) mendapat untung kecil atau bahkan bisa malah tidak untung tapi yang terpenting mental bisnis kamu akan terbentuk.
    7. Les private
      Bagi kamu yang benar-benar rajin belajar dan nilai ujian bagus atau kamu ahli dalam mata pelajaran tertentu. Kamu bisa menawarkan jasa les private untuk anak SD atau SMP atau bahkan anak SMA yang beda sekolahan. Tawarkanlah jasa tersebut kepada kenalan.
    8. Penelitian ilmiah
      Masih bagi kamu yang benar-benar ingin menggeluti bisnis dalam pendidikan dan keilmuan. Ada banyak kompetisi dalam penelitian ilmiah bagi anak SMA. Nah, kamu bisa mengikutinya dan itung-itung itu sama seperti berbisnis. Kamu bisa mengembangkan karya ilmiahmu suatu saat nanti jika sudah berkuliah.
    9. Kerajinan Tangan
      Jika kamu anak SMA yang kreatif atau bisa membuat kerajinan tangan bisa tuh kamu jual di sekolah. Kerajinan tangan yang profit untuk dijual di lingkungan sekolah seperti gantungan kunci, aksesoris cewek. Kamu bisa titipkan ke koperasi sekolah atau jual langsung ke teman-teman sekelas.
    10. Makanan malam hari
      Buat anak SMA malam hari adalah waktu senggang. Kamu bisa manfaatkan untuk berjualan makanan. Kamu bisa mencoba berbisnis makanan gerobak. Seperti roti bakar, dan lain sebagainya.
    11. Fotografi
      Bagi kamu yang hobi fotografi kamu bisa tawarkan jasa fotografi di lingkungan sekolah kamu.
    12. Jasa pengetikan
      Sebelas duabelas dengan bisnis foto copy. Jasa pengetikan juga profitable dengan target anak SMA. Kamu bisa menawarkan secara individual pada teman-teman kelasmu.
    13. Stiker
      Jualan stiker memang lumayan menjanjikan sebagai ide bisnis sampingan untuk anak SMA.
    14. Reseller
      Reseller online saat ini sedang booming. Bagi anak SMA jaman sekarang sudah pasti mengenal dunia internet dan memiliki ponsel pintar atau smartphone. Nah, kamu bisa memulai berbisnis menjadi reseller secara online. Reseller yakni menjual kembail barang dagangan milik orang lain. Kamu bisa searching dan cari referensi mengenai hal tersebut di internet.
Sumber: klik disni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Most Reading

Blogger templates